Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


Jahe (Zanjabil/Zingiberis Officinale) adalah salah satu tanaman rempah – rempah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat. Jahe memiliki rasa dominan yang pedas karena jahe mengandung senyawa keton yang memiliki nama ilmiah zingeron.
Jahe memiliki beberapa jenis yang berdasar pada warna rimpangnya, ukurannya dan bentuknya, yaitu terdapat jenis jahe :
  • Jahe merah
Jahe merah merupakan jahe yang paling pedas mempunyai kandungan minyak atsiri yang tinggi. Oleh sebab itu jahe jenis ini amat cocok digunakan sebagai bahan jamu dan obat – obatan farmasi. Berdasarkan namanya jahe jenis ini memiliki kulit yang berwarna merah dan memiliki rimpang yang kecil, namun jahe merah memiliki serat yang lebih besar dibandingkan dengan jahe lainnya.

  • Jahe kuning
jahe kuning adalah jenis jahe yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Jahe jenis ini memiliki aroma yang tajam. Berdasarkan namanya jahe ini memiliki warna kuning dengan memiliki rimpang yang sedang.
  • Jahe Gajah (Badak)
Jahe jenis ini adalah jahe yang paling populer di pasar internasional. Berdasarkan namanya jahe ini memiliki ukuran yang besar / gemuk dan tidak terlalu pedas. Jahe ini berwarna kuning hingga putih.
Khasiat Jahe
Sejak dahulu jahe telah diyakini dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan, antara lain :
  1. Membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jahe mempunyai kemampuan melebarkan pembuluh darah dengan merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga darah dapat melancarkan peredaran darah.
  2. Melancarkan proses pencernaan. Didalam jahe terkandung enzim protease dan lipase yang bertugas untuk mencerna protein dan lemak dalam tubuh.
  3. Membantu dalam mengeluarkan darah kotor yang ada dalam tubuh, keluarannya bisa berupa keringat.
  4. Mengtasi rasa mual atau ingin muntah
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Menguatkan otot usus
  7. Meredakan batuk dan lain – lain
Sangat mudah untuk mendapatkan manfaat dari jahe. Di Indonesia banyak kita temui berbagai macam pengolahan jahe untuk kesehatan seperti wedang jahe, bandrek, sekoteng dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga diolah menjadi berbagai bentuk olahan agar menjadi lebih praktis.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat Jahe Untuk Kesehatan di blog OBAT-OBATAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com